Senin, 13 Juni 2011

Kubung Sambut Baik Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji


Solok,
Kubung menyambut baik Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (G3M) yang dicanagkan di tingkat Sumatera Barat. Bahkan sebelum dicanangkan di tingkat Sumbar, KUA Kubung, Kabupaten Solok sudah membuat spanduk Gemar Mengaji tersebut. ini tidak terlepas dari keinginan untuk menyukseskan G3M di wilayah kerja masing-masing. Setelah pencanangan ini, KUA Kubung segera membuat program G3M sehingga bisa teraplikasi dengan baik.
"Kita menyambut baik G3M untuk membentuk masyarakat yang berkarakter.",Jelas H. Rifa'i Mahyunar, Kepala KUA Kubung. Melalui program gemar mengaji, ia berharap masyarakat bukan hanya mencintai Alqur'an, tetapi diharapkan memahami, mengamalkan nilai-nilai Alqur'an sehingga terbentuk akhlak yang mulia dan bisa memperkokoh karakter budaya masyarakat.
G3M atau gerakan  gemar mengaji ini, jelas H. Rifa'i bukan sekedar berharap anak-anak bisa mengaji setiap habis Magrib. Orangtua dan masyarakat juga diharapkan bisa membantu kesuksesan program itu. Tanpa campur tangan orangtua sulit untuk mengharapkan program ini bisa sukses. Makanya usai Magrib, orangtua juga memberikan contoh nyata kepada anak-anaknya untuk ikut mengaji, dan mendalami nilai-nilai Alqur'an tersebut.
Begitu juga masyarakat ikut membantu, jika terlihat ada anak-anak yang tidak ke surau, masjid atau TPA/MDA, masyarakat diharapkan mengingatkannya, sehingga G3M ini benar-benar dirasakan dampaknya oleh semua kalangan. Jika semuanya sudah bergerak dan ikut ambil bagian, ia optimis, G3M ini akan berhasil di Sumatera Barat. Apalagi untuk Kabuapaten Solok hal ini sejalan dengan Perda pandai Baca Tulis Alqur'an yang sudah diundangkan sejak beberapa tahun lalu. Disamping itu, dengan adanya G3M ini maka gerakan kembali ke surau juga akan memperlihatkan wujudnya. Karena itulah G3M atau Gemar Mengaji ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak. (dikutip dari Singgalang, 28/05/2011)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum pak ... saya erick yonanda mahasiswa STAI Solok Nan Indah, saya sangat tertarik dengan program P3M, untuk itu saya ingin sekali menarik judul skripsi saya melalui program ini, Rencananya saya mau kua, mau bertanya tentang P3M ini. tapi kalau saya boleh tahu dimana saya bisa dapat buku panduan magrib mengaji ini pak ??? Apakah sudah ada diedarkan ??? trima kasih

    BalasHapus